Thursday, February 9, 2012

Pentingkah Kita Minum Air Putih?

Di salah satu iklan air mineral mengatakan bahwa tubuh diisi oleh 80 % air. Begitu juga waktu kita belajar Biologi, kita mempelajari bahwa air merupakan unsur terpenting untuk tubuh kita. Hal ini sering dibahas oleh orang-orang tapi juga dengan mudahnya dlupakan. Padahal ini penting untuk tubuh kita.



Pentingkah Kita Minum Air Putih?

Kita sering mendengar anjuran dari pakar kesehatan untuk minum air putih 8 gelas per hari. Namun apakah kita melakukannya? Mungkin bagi kamu yang jarang minum gak terlalu merasakan akibatnya. Ini terjadi karena tubuh  menyeimbangkan diri dengan mengambil cairan dari komponen lain. Salah satunya darah. Tubuh bisa mengambil cairan dari darah dan mengakibatkan darah menjadi kental. Lalu apa akibat dari darah yang kental ?

Ginjal yang merupakan penyaring darah di dalam tubuh harus bekerja keras menyaring darah yang bersifat kental. Lalu kenapa? Coba aja bayangkan oli mobil yang udah kental. Bagaimana yang terjadi? Apa yang diperbuat setelah oli yang sebelumnya encer telah menjadi kental?

Air bisa membuat kulit menjadi halus dan kenyal. Jadi, bila tubuh mengalami kekurangan air maka ia akan mengambil air dari kulit dan menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam. Dari penjelasan ini sebenarnya dapat ditarik kesimpulan, tidak terlalu perlu membeli pelembab kulit untuk mendapatkan kulit halus dan lembut. Cukup dengan meminum 4 Aqua Botol sehari maka kulit dambaan akan terwujud. 

Beberapa penyebab keletihan juga bisa karena kekurangan cairan dalam tubuh. Katanya sih, kekurangan 2% cairan aja bisa menyebabkan ketidakstabilan pada metabolisme tubuh. Keletihan otak dapat dikurangi dengan mengkonsumsi air putih sebanyak mungkin. Seperti yang kita bahas diatas, darah yang kental pun pasti mengalir ke otak. Karena kental, peredaran darah di otak menjadi tidak lancar dan menyebabkan otak jadi tidak "encer" lagi. Nah paham kan maksud otak tidak encer lagi ?
Ya, otak merupakan sekumpulan sel-sel yang sangat rakus terhadap makanan dan oksigen. Terhalangnya peredaran darah ini menyebabkan sel-sel otak cepat mati ataupun tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Jadi sekarang, setelah membaca ini apakah kesimpulan yang kamu dapatkan ? Penting sih gak minum air putih ? Jawabannya ada di diri kita masing-masing.

Related Post:

0 comments:

Post a Comment